Kenapa Rem Cakram Motor Tidak Bisa Pakem?

Rem-Cakram-PakemApa sebab rem cakram pada motor kamu tidak bisa pakem dan suka berbunyi berdecit yang bikin kamu kurang nyaman? Hal ini sebenarnya dapat diantisipasi jika kita cermat dan selalu memberikan perhatian pada komponen penghenti roda ini.

Selain berbahaya, rem cakram yang kurang pakem tentu saja sangat mengurangi fungsionalnya, yang mana biasanya rem cakram ini selalu di utamakan ada pada roda bagian depan karena ketika kita mendorong, ataupun sedang dalam situasi perjalanan yang padat merayap dan sebentar sebentar stop maka rem depan adalah yang paling dibutuhkan.

Penyebab Rem Cakram Kurang Pakem

Mengisi-Minyak-Rem-CakramMasalah yang paling sering menimpa pada rem cakram sehingga mengakibatkan daya pengereman menjadi kurang optimal ada pada beberapa faktor yaitu:

[checklist]

  • Kampas Rem Aus. Ini disebabkan faktor usia pakai yang mana ketika sudah semakin menipis ketebalan kampas rem biasanya juga akan mempengaruhi kedalaman sudut gerak tuas rem. Sehingga pergerakan handle rem menjadi sangat lebar seperti tidak bisa padat menekan pompa minyak rem.
  • Piringan Cakram Cacat/Rusak. Dalam kondisi tertentu baik karena kecelakaan ataupun gesekan yang terlalu panas bisa menyebabkan piringan cakram menjadi cacat. Hal ini sangat fatal karena juga akan berpengaruh terhadap daya cengkeram rem karena permukaan kampas rem tidak dapat menapak secara maksimal.
  • Minyak Rem Kurang/Habis. Menurunnya kapasitas minyak rem biasanya disebabkan jika ada kebocoran, namun perlu diketahui bahwa kondisi kampas rem yang sudah menipis juga akan membuat level minyak rem berkurang.
  • Kotoran Debu dan Karat. Kurangnya perawatan terhadap kebersihan komponen rem juga akan mengakibatkan daya cengkeram rem menjadi kurang maksimal. Apalagi ketika memasuki musim penghujan tentunya memerlukan ketelitian ekstra agar selalu menjaga kebersihan bagian bagian kampas rem dan cakram.

[/checklist]

Sudah paham apa yang membuat rem cakram kamu menjadi kurang pakem? Jangan lupa simak juga tentang cara menghilangkan bunyi rem yang bising dan berisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com