Rem Depan Motor Terasa Keras Ini Solusi Mengatasinya

Master Rem Depan KerasRem depan pada motor saat ini sudah mayoritas menggunakan cakram hidrolik dan masalah terasa keras ini adalah salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh biker pada perangkat penghenti laju yang khususnya terpasang diroda depan.

Fungsi rem depan cukup vital pada kondisi melaju lurus dan lebih efektif mengurangi kecepatan motor dengan syarat semua komponen masih bekerja prima serta didukung oleh tapak ban yang baik.

Masalah penyebab rem cakram depan keras tidak pakem

Penyebab utama ada pada master rem yang berhubungan langsung dengan pedal atau tuas rem. Meskipun cukup keras, biasanya masih tetap bisa melakukan pengereman namun membutuhkan tenaga cukup besar untuk bisa menekan handle rem secara maksimal. Simak juga cara mengatasi rem cakram masuk angin atau ngempos.

Kerasnya rem disebabkan karena piston rem atas sudah kering atau kotor. Maka dari itu, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya dan kembali membuatnya basah secara merata.

Posisi piston ini bersinggungan langsung dengan pedal dan terbungkus karet, nah di dalam karet ini biasanya banyak terdapat kerak atau kotoran yang mengakibatkan gerak piston menjadi macet.

Cukup dengan mencongkel karet jangan sampai seal rusak karena harus bisa di pasang kembali secara rapat kemudian mengolesi dengan sedikit oli.

Ketika tutup karet sudah terlepas maka piston dapat ditarik kebelakang (mundur) selanjutnya bagian inilah yang dilumuri pelumas supaya tidak kering yang menjadi pemicu macet dan tuas rem terasa keras.

Perlu diingat bahwa perbaikan seperti ini biasanya tidak akan mampu bertahan karena sebenarnya piston telah cacat.

Maka solusi untuk perbaikan secara permanen adalah dengan mengganti unit master rem dalam kondisi komplit yang harganya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 70 ribu di toko onderdil motor. Baca juga cara mengatasi rem berbunyi atau berdecit berisik.

Updated: November 30, 2016 — 6:18 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com