Suara motor matic kasar dan mengelitik tidak langsam

Suara-mesin-kasar

Suara-mesin-kasarSuara kasar dan menggelitik pada motor matic biasanya membuat mesin tidak bisa langsam atau stationer, dan persoalan seperti ini sudah tentu akan menimbulkan rasa sangat tidak nyaman ketika mengendarainya.

Biasanya bunyi ini muncul atau terdengar dari bagian mesin. Perhatikan jika suara ngelitik terdengar sering dan berasal dari depan atau sekitar head blok mesin. Bunyi ini menandakan celah klep sudah longgar, sehingga muncul bunyi ngelitik tik,tik,tik. Tandanya motor kamu sudah saatnya klep nya disetel ulang.

Nah lain jika muncul bunyi gemericik dalam tempo yang cepat, itu menandakan rumah roller aus atau rumah as puli skunder oblak, tapi jika suara gemericik timbul di mesin, menandakan rantai keteng/timming kendur atau minta diganti.

Bunyi dak..dik..duk.. Ada bagian pada rumah CVT yang pastinya nggak beres. Apalagi hentakan terjadi saat grip gas dibuka perlahan. Persis motor bebek atau sport yang mengalami gejala rantai mulai kendur. Persoalan ini umumnya terjadi di semua merek matic yang kerja perantinya saling berkaitan.

Mendeteksi CVT bunyi, cover dan semua komponen wajib dilepas. Sekalian mendeteksi part sudah aus dan minta diganti. Paling awal cek kondisi belt. Bila sabuk dari karet campur benang mulai kendur, buka-tutup kedua puli jadi telat. Simak juga tentang masalah motor matic bergetar.

Efeknya, kampas kopling pun lambat mentransfer tenaga ke roda belakang. Alhasil, timbul hentakan di girboks yang bercelah renggang. Berisik dari bagian kopling, laju motor tersendat- sendat Gejala ini bisa diakibatkan dari karet dumper kopling yang aus. Part yang berfungsi untuk menahan sepatu atau kampas kopling sentrifugal.

Jika kamu masih belum berani untuk mengambil tindakan sendiri, maka penanganan akan lebih aman jika diserahkan pada bengkel yang kamu percaya karena ini sudah menyangkut dengan komponen mesin yang kompleks.

17 Comments

  1. Motor Saya Vario 150,untuk CVT padahal Kampas Ganda sudah diganti dan rumah roller diganti,vanbel jga sudah tpi knpa masih geredek ya jalanny

  2. Motor ane beat bang.kalo dihidupkan terdengar suara gak enak seperti kaya mesin jahit.kira” itu permasalahannya dimna ya bang.sedangkan v belt sama loller sudah saya ganti

  3. Motor saya beat karbu,pada saat gas d tarik full ada suara ngelitrik dari bagian head,tapi dalam posisi standar 2 d gas full ga ada suara apa”,kira” knp yaa?

  4. Kalo bunyi kasar di bagian mesin itu kalo service kira” abis berapa gan soalnya ini saya motornya lg nginep di yamaha eh estimasi 1.832.000 itu kemahalan ga gan?? Tolong responnya

  5. Motor mio saya kaya bunyi menggerus dibagian blakang..padahal komponen udh baru semua rumah roller..klahar cvt dllnya juga baru..tapi pas jalan..bunyi gerusannya berasa amat..itu knapa ya gan??

  6. Motor saya beat karbu gans.. Beli seken sih.. Awal²nya masin alus.. Setelah 2 mnggu ko di daerah belt nya bunyi yah.. Kalo bunyi itu jalan 40-60 km suaranya kaya plat kendor.. Kresek..kresek gtu lah. Tu apanya yah bos kerusakannya.. Pully, roller, atau belting nyaa

  7. Kenapa motor mio soul tiap mau di panaskan selalu tidak menyala harus di bongkar apanya kasih solusi agar kembali menyala seperti semula

  8. motor saya baru naik mesin tapi suaranya ngelitrik itu apanya ya padahal klep udh di stel tapi stationer agak kemdor dikit ngaruh ga penyebab suaranya?

  9. Saya mau nanya gan mio saya udh diganti noken as ganti rantai keteng sm stel klep ganti sepatu tapi tetep mebgelitik suaranya knp yah?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*