Takaran oli supaya suspensi depan empuk dan stabil

Takaran Oli Shock Depan Empuk

Takaran Oli Shock Depan EmpukShock atau suspensi depan empuk atau keras memang sangat dipengaruhi oleh takaran olinya yang harus di isi dengan tepat. Shockbreaker depan memegang peranan penting untuk handling motor lebih nyaman.

Dampak terburuk yang diakibatkan oleh kondisi suspensi depan yang keras adalah dapat merusak komstir selain membuat pengemudi menjadi sangat tidak nyaman.

Kasus yang paling sering menjadi pemicu masalah ini adalah pada kualitas oli shockbreaker yang buruk serta volume yang tidak seimbang antara bagian kiri dan kanan.

Lamanya usia pakai juga akan menurunkan kualitas oli sehingga daya redam shockbreaker menjadi tidak optimal lagi.

Suspensi depan sangat perlu untuk mendapatkan perhatian lebih rutin dengan cara memeriksanya apakah didalam tabung tampak keruh, dan jika mendapati hal ini maka harus segera dilakukan penggantian oli.

Takaran oli suspensi depan untuk motor bebek dan matic idealnya adalah antara 70 hingga 75ml semakin kurang maka shockbreaker akan menjadi empuk begitu pula sebaliknya. Baca juga tentang cara merawat shockbreaker fariasi agar lebih awet.

Kesalahan fatal modifikasi pada suspensi depan

Masih banyak biker yang menerapkan cara modifikasi suspensi depan motor dengan cara cara yang salah dan ini sesungguhnya sangat tidak dianjurkan karena akan merusak struktur komponen peredam kejut ini.

Salah satunya adalah karena menginginkan kedudukan shockbreaker depan menjadi lebih pendek atau ingin membuat posisi motor menjadi lebih rendah dengan jalan memotong pegas suspensi.

Tindakan ini bukannya akan membuat shockbreaker menjadi lebih nyaman justru kinerjanya malah tidak bisa sempurna lagi.

Ingat, suspensi depan selain berfungsi untuk meredam kejutan dari jalan yang bergelombang juga sangat penting untuk membuat pengereman roda depan menjadi lebih lembut. Simak juga cara mengatasi rem cakram ngempos karena masuk angin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*