Tips Agar Motor Matic Lebih Irit Bahan Bakar

Tips Agar Motor Matic Lebih Irit Bahan Bakar – Kebanyakan pengguna motor matic mengeluhkan tidak irit bahan bakar walaupun motornya sudah berfitur fuel injection. Banyak alasan mengapa motor matic ini boros dan mungkin sobat sudah ada yang tahu.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikiit Tips Agar Motor Matic Lebih Irit Bahan Bakar. Mungkin tips kami ini tidak langsung merubah borosnya matic langsung menjadi irit total kalau mau irit total berarti motor tidak dibawah kemana-mana atau dijalankan namun dengan cara didorong.hehehe tapi setidaknya tips kami ini dapat mengiritkan lagi penggunaan bahan bakar motor matic anda. Berikut ulasannya.

1.Cek sistem pengapian mesin secara berkala

Tips Agar Motor Matic Lebih Irit Bahan Bakar yang pertama adalah rutin mengecek sistem pengapian. Hal ini berlaku untuk motor matic yang masih menggunakan karburator. Dengan melakukan perawatan secara berkala agar kondisi pengapian tetap baik dan sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisien dan normal.

2.Cek berkala bagian filter udara

Filter udara memberikan pengaruh juga untuk irit atau borosnya penggunaan bahan bakar motor matic anda. Jika filter udara kotor teentu udara yang masuk ke sistem pembakaran juga akan kotor dan bisa saja tersumbat. Jadi jangan abaikan masalah ini cek secara berkala filter udara anda dan bisa melakukan penggantian filter udara setiap 15.000-20.000 km sekali.

3.Gunakan bahan bakar oktan tinggi

Tips Agar Motor Matic Lebih Irit Bahan Bakar ya tentu dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Memang bahan bakar beroktan tinggi sedikit mahal namun untuk pembakaran lebih sempurna sehingga tidak banyak penggunaan. Misalnya pertamax yang oktannya tinggi sehingga cukup sedikit bisa membuat pembakaran lebih besar dan tentu lebih irit. Selain itu ada keuntungan lain menggunakan bahan bakar bakar beroktan tinggi karena sisa karbon hasil pembakaran cenderung lebih sedikit.

4. Kebiasaan penggunaan motor

Tips Agar Motor Matic Lebih Irit Bahan Bakar yang terakhir adalah bagaimana si pengguna motor bisa menggunakan atau mengendarai motor dengan baik, misalnya tidak stabil dalam kecepatan, atau sering memain-mainkan gas layaknya saat startnya seorang pembalap, selain itu untuk memanaskan motor cukup 3 menit saja sehingga tidak banyak penggunaan bahan bakar. Terakhir cek selalu kondisi angin pad ban, karena ban yang kempes bisa membuat laju motor lebih berat sehingga akan banyak banyak bahan bakar yang terpakai.

5. Gunakan oli standar keenceran yang sudah ditentukan

Tips Agar Motor Matic Lebih Irit Bahan Bakar yang terakhir adalah gunakan oli yang sudah standar keencerannya yang telah ditentukan. Dengan oli yan gsesuai maka gesekan antara komponen mesin bisa diminimalisir. Jika gesekan minim maka akan berpengaruh dengan kinerja pembakaran yang otomatis membuat matic anda tetap irit.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com