Tips Mengatasi Stang Motor Goyang Dan Tidak Stabil

Tips Mengatasi Stang Motor Goyang Dan Tidak Stabil – Mungkin anda sebagai pengendara sepeda motor pernah mengalami stang motor yang tidak stabil, berat atau goyang sehingga membuat anda tidak nyaman mengendarai motor belum lagi hal bahaya yang bisa saja terjadi.

Nah sebenarnya banyak penyebab mengapa stang motor anda bermasalah seperti apa yang kami sebutkan tadi, dan pada kesempatan kali inilah akan kami bagikan Tips Mengatasi Stang Motor Goyang Dan Tidak Stabil kepada anda, berikut ulasannya.

1.Periksa Kondisi Ban Anda

Tips Mengatasi Stang Motor Goyang Dan Tidak Stabil yang pertama adalah coba perhatikan kondisi ban anda. Bagaimana sisi ban apakah rata atau tidak, selain itu cek tekanan angin ban apakah sesuai ukuran jangan terlalu kempes dan terlalu kencang. Dan terakhir cek tampalan ban anda, karena sering terjadi bekas tampalan ban akan menyebabkan benjol-benjol sehingga kondisi ban tidak bulat sebagaimana mestinya.

2. Periksa kondisi velg

Yang selanjuntnya jangan terburu-terburu melihat kondisi bagian stang, coba anda perhatikan juga kondisi velg motor anda bisa jadi velg anda sudah bengkok atau mungkin retak. Untuk mengeceknya silahkan pasang standar 2 dan putar roda anda jika terdapat goyangan berarti ada velg yang bengkok dan perhatikan juga apakah ada bagian velg yang retak. Sebaiknya ganti velg anda demi menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara.

3. Periksa Bearing Roda

Tips Mengatasi Stang Motor Goyang Dan Tidak Stabil yang ketiga adalah coba periksa bearing pada roda. Bearing berada ditengah-tengah roda dan mempunyai peran penting dalam perputaran roda jika bantalan peluru bearing sudah pecah biasanya roda akan berputar dengan tidak stabil dan bearing ini harus segera diganti.

4. Periksa Komstir

Langkah atau Tips Mengatasi Stang Motor Goyang Dan Tidak Stabil yang selanjutnya adalah memeriksa keadaan komstir atau sumbu antara segitiga garpu depan dan rangka motor. Komstir sangat berperang dalam pegendalian stang-stir. Mungkin dalam batasan usia bisa saja komstir sudah aus, oblak, atau terasa kasar. Komstir juga memiliki peluru-peluru bulat dan juga rumahan yang mungkin sudah aus sehingga komstir memang harus diganti yang baru.

5. Periksa Shockbreaker

Kemudian yang tidak boleh luput dari perhatian adalah Shockbreaker depan yang memang memiliki fungsi untukk menyera[ kejutan d ari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang sehingga saat berkendara menjadi nyaman dan tidak kaku. Selain itu shockbreaker juga berfungsi meningkatkan daya cengkram roda terhadap jalan. Penyebab rusaknya shockbreaker yang utama diakibatkan karena bekas tabrakan atau terjatuh. Silahkan bawah kekantor bengkel kepercayaan anda untuk pemeriksaan lebih lanjut dan apakah harus diganti atau tidak.

6. Perika Segitiga dudukan stang

Tips Mengatasi Stang Motor Goyang Dan Tidak Stabil yang terakhir adalah memeriksa segitiga dudukan stang yang menghubungkan stang dengan shockbreaker. Biasanya kerusakan segitiga adalah tidak sejajarnya antara garpu kiri dan kanan yang mungkin karena motor masuk lubang atau tabrakan. Untuk mengembalikan seperti semula terdapat alat khusus untuk mengepress biasanya sudah ada pada bengkel-bengkel motor.

Nah itulah Tips Mengatasi Stang Motor Goyang Dan Tidak Stabil, dengan adanya artikel ini kami berharap anda bisa menyadari mengapa stang-stir anda tidak nyaman saat dikendalikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com