Tips Modifikasi Motor Aman Tanpa Tilang

Tips Modifikasi Motor Aman Tanpa Tilang – Sering kita temukan para pemodifikasi yang sudah keren-keren memodifikasi motornya tapi sayangnya tidak aman atau bisa ditilang pihak berwajib. Jadi memodifikasi itu boleh-boleh saja tapi tetap taat pada peraturan.

Sebelum kita membahas Tips Modifikasi Motor Aman Tanpa Tilang sebaiknya kita pahami undang-undang yang memang melarang adanya modifikasi atau merubah dimensi kendaraan seperti rancangan teknis, susunan, ukuran, material, kaca, pintu, engsel, bumper, sistem lampu dan tempat pemasangan plat. Undang-undang ini masuk dalam pasal 277 dan 315 ayat (2) UU no. 22 tahun 2009. Jadi dengan demikian tentu ada sanksinya jika kamu asal-asalan dalam modifikasi.

Lalu bagaiman Tips Modifikasi Motor Aman Tanpa Tilang? yuk simak ulasan kami dibawah ini mudah-mudahan motor kamu tetap aman walau dimodifikasi.

1. Jangan merubah kapasitas muatan

Tips Modifikasi Motor Aman Tanpa Tilang yang pertama jangan merubah muatan kendaraan anda. Contoh motor vespa yang sering dimodif untuk dinaiki lebih dari 2 orang bahkan 5 orang. Tentu cara ini salah ya sob.

2. Jangan mengganti ban dimensi kecil

Yang selanjutnya jangan mengganti dimensi ban menjadi kecil. Ban dimensi kecil ini menurut penelitian memang tidak safety jadi semahir-mahir kamu bermotor menggunakan motor dengan ban dimensi kecil maka suatu saat bisa saja terjadi hal fatal. Ya hal  ini bukan sekedar alasan ya sob karena ban dimensi kecil akan berkurang daya cakramnya terhadap jalan apalagi jalanan dalam kondisi basah dan motor dalam kecepatan tinggi. Jadi sebaliknya jika ban dibuat besar maka justru akan lebih aman dan terlihat gagah.

3. Aturan merubah warna

Tips Modifikasi Motor Aman Tanpa Tilang yang selanjutnya memahami aturan modifikasi warna. Jika kalian hendak melakukan modifikasi warna maka lebih baik menyesuaikan warna yang tertera pada STNK kalaupun hendak dirubah dengan warna lain maka solusinya harus uji tipe.

4. Jangan pakai knalpot bising

Aturan ini memang sudah jelas harus ditaati ya sob, Banyak sekali pelanggaran pengendara yang memodifikasi dengan memakai knalpot bising yang mengganggu ketentraman. Aturan standar Indonesia sendiri adalah 80 Desibel. Tapi berbeda dengan knalpot tiruan yang dijual saat ini kebanyakan menghasilkan bising saja. Jadi sebaiknya tetap gunakan knalpot dengan standarisasi atau knalpot yang dijual dari pabrikan yang memiliki Original Oquipment Manufacturer (OEM) yang sudah terjamin suara tidak bising dan tanpa cemas knalpot tiruan. Knalpot itu sejatinya garang bukan bising.

5. Perhatikan Peletakan Plat Nomor

Tips Modifikasi Motor Aman Tanpa Tilang yang terakhir adalah memperhatikan peletakan atau pemasangan plat nomor. Pelanggaran ini juga sering terjadi karena biasanya spakbor belakang yang juga menjadi papan plat nomor di lepas. Dan biasanya ada pemodifikasi yang kebingungan asal pasang saja sehingga tidak jelas terlihat dan ada juga yang lebih parah tidak memasang plat nomor kendaraannya yang ini benar-benar melanggar.  Jadi hati-hati dalam urusan plat nomor ya sob apalagi sampai banyak yang merubah angka pada platnya agar terlihat keren namun menyalahi aturan.

Nah sob itulah Tips Modifikasi Motor Aman Tanpa Tilang. Sebenarnya masih banyak lagi penyebab kendaraan modifikasi yang melanggar aturan yagn tidak bisa kami sebutkan satu persatu namun intinya jadilah pengendara yang taat aturan termasuk dalam hal memodifikasi motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com