Tips Mudah Servis Starter Motor Rusak

Tips Mudah Servis Starter Motor Rusak – Starter motor amatlah penting karena berawal dari starter ini mesin motor bisa menyala. Memang motor memiliki dua sistem starter yang pertama starter elektrik dan kick starter. Jadi jika starter elektrik rusak kita masih bisa menggunakan kick starter namun cukup repot kalau menggunakan kick starter terlebih lagi pada motor matic.

Nah jadi pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana Tips Mudah Servis Starter Motor Rusak pada starter elektrik. Nah tahap pertama kita harus menganalisa kerusakan. Misalnya ketika kamu menekan tombol starter terdengar suara kasar, tidak ada bunyi sama sekali, starter tidak menyala dan kemungkinan masalah lain. Tetapi diagnosa pertama kemungkinan terjadi masalah pada aki motor yang lemah atau sudah soak.

Untuk lebih lengkapnya coba kalian simak ulasan kami tentang Tips Mudah Servis Starter Motor Rusak dibawah ini.

1. Cek Aki Apakah soak atau tidak

Tips Mudah Servis Starter Motor Rusak yang pertama adalah mengecek bagian aki yang merupakan komponen penting di kelistrikan sebuah kendaraan. Jika aki anda soak atau lemah maka starter bisa juga bermasalah. Jadi kalian bisa gunakan alat multimeter atau avo meter untuk memeriksa tegangan pada aki. Tegangan aki yang baik adalah berkisar diantara 12 volt jika kurang dari 12 volt maka kemungkinan akinya rusak.

2. Cek Rangkaian pada starter motor

Jika tips pertama sudah dilalui dan hasilnya aki masih 12 volt maka langkah selanjutnya coba kalian periksa rangkaian pada starter motor anda. Dimulai dari pengecekan kabel apakah ada yang putus, bersihkan socket-socket mungkin sudah kotor. Silahkan cek kabel dengan multimeter jika terdapat yang putus sebaiknya ganti untuk tombol starter yang kotor bisa kalian bersihkan dengan amplas yang halus.

3. Periksa Relay Starter atau Bendik

Tips Mudah Servis Starter Motor Rusak yang ketiga adalah dengan mengecek Relay starter atau sering disebut Bendik. Tugas komponen ini adalah sebagai saklar elektromagnetik yang berfungsi memutus dan juga menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari aki menuju motor starter. Untuk mengeceknya sambungkan dua kabel pada socket ke baterai +&- jika terdengar suara kejutan “cetak” berarti kondisinya masih bagus jika tidak berbunyi silahkan ganti yang baru.

4. Cek motor starter atau dinamo

Tips Mudah Servis Starter Motor Rusak yang terakhir adalah  memeriksa langsung dinamo starter anda. Memang untuk kerusakan hampir terdengar jarang pada dinamo ini namun bisa saja terjadi. Untuk permasalahan ini sebaiknya kalian langsung membawa ke ahlinya atau servis dinamo. Biasanya kerusakan dinamo mencakup sikat atau brush sudah aus, kumparan atau spull putus dll.

Itulah Tips Mudah Servis Starter Motor Rusak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Jika anda belum paham betul untuk menganalisa atau memperbaiki sendiri silahkan bawah motor anda ke bengkel motor kepercayan anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*