Tips Perawatan Khusus Motor Matic SetelahTerendam Banjir

Tips Perawatan Khusus Motor Matic Setelah Terendam Banjir – Jika anda yang tinggal ditempat rawan banjir karena beberapa hari belakangan ini hujan turun sangat deras dan hampir setiap harinya turun hujan memang membuat was-was sekali. Bukan hanya perabotan rumah yang terendam tapi kendaraan motor pun ikut terendam.

Nah yang akan kami bahas kali ini bukanlah tentang mengatasi banjirnya.hehe tapi kali ini kami akan membahas Tips Perawatan Khusus Motor Matic Setelah Terendam Banjir. Ya jika motor anda sudah terlanjur terendam air maka harus ada perhatian khusus jangan sampai anda lalai seperti bahasan dibawah ini.

1. Jangan dulu menyalakan mesin setelah banjir surut

Tips Perawatan Khusus Motor Matic Setelah Terendam Banjir yang pertama adalah tentu kalian jangan langsung menyalakan motor bisa jadi endapan lumpur bisa masuk mesin dan bisa membuat keasusan pada komponen di ruang mesin fatal akibatnya. Jadi keringkan dan periksa dulu komponen lain yang rawan dimasukin air.

2. Cek Busi Dan Karburator

Tips Perawatan Khusus Motor Matic Setelah Terendam Banjir yang selanjutnya setelah anda membersihkan motor anda selanjutnya cek keadaan busi dan karburator.Silahkan lepas busi dan bersihkan secara keselurhan hingga bersih dan kering kemudian pada karburator juga harus dibersihkan kemungkinan ada kotoran dan air.

3. Kelistrikan

Selanjutnya penting untuk mengecek kelistrikan pada motor. Sek saklar, konektor kabel, spul, starter motor hingga fitting bohlam. Jika menggenang air berbahayanya akan terjadi korsleting.

4. CVT

Tips Perawatan Khusus Motor Matic Setelah Terendam Banjir yang keempat adalah memeriksa pada bak CVT. Pastikan tidak kemasukan air.

5. Oli Mesin

Tips Perawatan Khusus Motor Matic Setelah Terendam Banjir yang terakhir adalah mengecek keadaan oli. Pastikan pula oli mesin ini tidak tercampur air karena jika tercampur air maka daya melumasi oli akan berkurang sehingga komponen didalamnya akan mudah aus. Ciri oli yang tercampur air warnanya berubah cokelat susu.

Nah mungkin itu saja Tips Perawatan Khusus Motor Matic Setelah Terendam Banjir. Sedikit tambahan dari kami perhatikan juga komponen lain seperti filter udara, sistem rem, sasis dari dampak banjir dan masuknya air. Kemudian pastikan juga komponen yang rawat terkenan karat. Sebenarnya tips ini juga berlaku pada motor jenis lainnya juga yang terkena banjir hanya perbedaan pada bagian CVT nya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com